Pelaksanaan Tugas Managerial

PELAKSANAAN TUGAS MANAGERIAL

1. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan. 

A. Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP
(1) Dokumen Evaluasi Diri Madrasah EDM); (Bukti Fisik)
(2) Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM; (Bukti Fisik)

B. Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya.
(1) Visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad; (Bukti Fisik)
(2) Berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi. (Bukti Fisik)

C. Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur
(1) Program kerja; (Bukti Fisik)
(2) RKJM dan RKTM; (Bukti Fisik)

D. Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program
(1) RKJM dan RKTM; (Bukti Fisik)

2. Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah/ madrasah secara optimal. 

A. Mampu meberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan.
(1) Finggerprint kehadiran kamad; (Bukti Fisik)
(2) Daftar hadir pada kegiatan di madrasah; (Bukti Fisik)

B. Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
(1) Wawancara dengan wargan madrasah, (Bukti Fisik)

C. Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.
(1) Wawancara dengan wargan madrasah (Bukti Fisik)

D. Mampu  menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar.
(1) Koleksi buku refrefensi / ilmu pengetahuan; (Bukti Fisik)
(2) Karya tulis yang diterbitkan atau tidak; (Bukti Fisik)

3. Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

A. Mampu menjadi contoh  dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan nonakademik peserta didik.
(1) Peningkatan KKM; (Bukti Fisik)
(2) Hasil UN; (Bukti Fisik), (Bukti Fisik)
(3) Program keunggulan dan inovasi baik akademik maupun non akademik; (Bukti Fisik)
(4) Data prestasi akademik dan non akademik; (Bukti Fisik)

B. Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik
1) Observasi lingkungan madrasah:  suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik. 

C. Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik
(1) Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi;  (Bukti Fisik)
(2) Dokumen kegiatan pengembangan budaya baca; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa,(Bukti Fisik)

D. Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik bagi peserta didik
1) Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah;  (Bukti Fisik)
(2) Daftar perolehan piagam, penghargaan, piala, trofi perlombaan disemua jenjang, (Bukti Fisik)

4. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. 

A. Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
(1) Program kerja kepala madrasah; (Bukti Fisik)

B. Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasah
(1) Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); (Bukti Fisik)
(2) Laporan kinerja kepala madrasah; (Bukti Fisik)

C. Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi
(1) Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); (Bukti Fisik)
(2) Laporan kinerja kepala madrasah, (Bukti Fisik)

D. Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasah
(1) Program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik; (Bukti Fisik)
(2) Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik.(Bukti Fisik), Loka Krya (Bukti Fisik), PTK (Bukti Fisik)

5. Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
A. Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)
(1) Buku inventaris; (Bukti Fisik)
(2) Buku pemeliharaan sarana dan prasarana.(Bukti Fisik)

B. Mampu mengelola perpustakaan madrasah
(1) Buku induk perpustakaan; (Bukti Fisik)
(2) Buku/data/grafik layanan perpustakaan; (Bukti Fisik)

C. Mampu mengelola laboratirium madrasah
(1) Daftar infentaris laboratorium;  (Bukti Fisik)
(2) Buku/jurnal/ data/grafik layanan Laboratorium,  (Bukti Fisik)

D. Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun dsb)
(1) Observasi fisik,wawancara dan studi dokumen : data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola oleh madrasah; (Bukti Fisik)

6. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik

A. Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi peserta didik.
(1) Dokumen program penerimaan peserta didik baru; (BuktiFisik),  PPDBFormulir PPDBPendaftaran.
(2) Brosur; (Bukti Fisik), Spanduk (Bukti Fisik)
(3) Data hasil analisis kemampuan peserta didik baru; (Bukti Fisik)

B. Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.
(1) Observasi dan studi dokumen: program pengembangan diri peserta didik; (Bukti Fisik)

C. Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai. (Bukti Fisik)
(1) Program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya; (Bukti Fisik) Kurikulum, Kesiswaan

D. Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal
(1) Program kegiatan pengembangan diri; (Bukti Fisik)
(2) Dokumentasi kegiatan; (Bukti Fisik) Pramuka, Marchingband, Pencak Silat, Rebana, Olah Raga.
(3) Data prestasi siswa, guru dan tendik; (Bukti Fisik)

7. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

A. Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, Rapat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG.
(1) Dokumen kurikulum yang berlaku; (Bukti Fisik) 
(2) SK tim pengembang kurikulum; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen), (Bukti Fisik)

B. Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik.
(1) Struktur kurikulum; (Bukti Fisik)  
(2) Jadwal pelajaran; (Bukti Fisik) 
(3) Daftar hadir guru; (Bukti Fisik)  
(4) Peraturan akademik; (Bukti Fisik)

C. Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
(1) Program KKG/MGMP di madrasah; (Bukti Fisik)
(2) Laporan pelaksanaan KKG/MGMP. (Bukti Fisik) 

D. Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan..
(1) Observasi kelas, studi dokumen wawancara dengan siswa dan guru: menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP; (Bukti Fisik) Kelas7, Kelas 8, Kelas 9

E. Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan nonakademik
(1) program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik); (Bukti Fisik) KurikulumKesiswaan
(2) Data prestasi akademik maupun nonakademik; (Bukti Fisik)

8. Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

A. Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjang
(1) RKJM dan RKTM; (Bukti Fisik)
(2) Laporan keuangan; (Bukti Fisik)
(3) Buku kas; (Bukti Fisik)

B. Mampu mengupayaan sumber-sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah.
(1) Studi dokumen RKJM dan RKTM, (Bukti Fisik)

C. Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi.
(1) Studi dokumen RKJM dan RKTM; (Bukti Fisik)

D. Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel.
(1) RKJM dan RKTM; (Bukti Fisik)
(2) Laporan keuangan; (Bukti Fisik)
(3) Buku kas; (Bukti Fisik)

9. Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah

A. Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku.
(1) Studi dokumen : surat masuk dan keluar; (Bukti Fisik)

B. Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat
(1) Studi dokumen: administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat); (Bukti Fisik) : Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras

C. Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya
(1) Studi Dokumen : Administrasi madrasah, Arsip Dinamis  (Bukti Fisik)

D. Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip – prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik
(1) Studi Dokumen : Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah; (Bukti Fisik)

10. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

A. Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai
(1) Studi dokumen : SKP yang terukur; (Bukti Fisik)

B. Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai
(1) Studi dokumen : pelaksanaan monitoring dan evaluasi  yang sesuai; (Bukti Fisik)

C. Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi
(1) Studi dokumen: Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi; (Bukti Fisik)

D. Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya
(1) Studi dokumen : Program tindak lanjut berdasarkan hasil  monitring dan evaluasi; (Bukti Fisik)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1.  Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru   A. Mengidenti...