Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru 

A. Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran. 
(1) Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) Jadwal pelaksanaan supervisi;  (Bukti Fisik)
(3) SK Tim supervisor. (Bukti Fisik)

B. Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur. 
(1) Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) jadwal pelaksanaan supervisi. (Bukti Fisik)

C. Mampu mengembangkan instrumen supervisi.. 
(1) Melalui studi dokumen: instrumen supervisi pembelajaran (Bukti Fisik)

2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

A. Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi. 
(1) Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)

B. Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi. 
(1) instrumen supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.(Bukti Fisik)

C. Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi
(1) Melalui wawancara dan studi dokumen : analisis hasil supervisi pembelajaran, (Bukti Fisik)

D. Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan. 
(1) dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) program kegiatan workshop/diklat untuk gurul (Bukti Fisik)

3. Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. 

A. Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar. 
(1) Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaranl; (Bukti Fisik)

B. Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru
(1) Instrumen supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) Dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)

C. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindaklanjut kegiatan supervisi. 
(1) Melalui wawancara dan studi dokumen: analisis hasil supervisi pembelajaran; (Bukti Fisik)

D. Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian progam sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya..
(1) dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran;(Bukti Fisik)
(2) program kegiatan workshop/diklat untuk guru; (Bukti Fisik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1.  Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru   A. Mengidenti...