Usaha Pengembangan Madrasah

USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH

1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan.

A. Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program
(1) Bagan/struktur organisasi; (Bukti Fisik)
(2) Notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen sosialisasi; (Bukti Fisik)
(4) Daftar Hadir, (Bukti Fisik)

B. Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan
(1) Dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi madrsah;  (Bukti Fisik)
(2) Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah; (Bukti Fisik)
(3) SOP Personalia; (Bukti Fisik)
(4) Sertifikat; (Bukti Fisik)

C. Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah 
(1) SOP Madrasah; (Bukti Fisik)

2. Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif. 

A. Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi.
(1) Visi dan Misi madrasah; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)
(2) Data prestasi madrasah; (Bukti Fisik)
(3) Data hasil UN 3 tahun terahir; (Bukti Fisik)
(4) Data Alumni; (Bukti Fisik) TP. 2020/2021, TP. 2021/2022

B. Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul.
(1) Bagan/struktur organisasi; (Bukti Fisik)
(2) SK; (Bukti Fisik)
(3) Tugas dan fungsi; (Bukti Fisik)
(4) Terbentuknya KKG/MGMP; (Bukti Fisik) PMA No.60 Tahun 2015
(5) Program KKG/MGMP; (Bukti Fisik)
(6) Laporan kegiatan KKG/MGMP, (Bukti Fisik) 

C. Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran
(1) KTSP; (Bukti Fisik)
(2) Kalender pendidikan; (Bukti Fisik) 
(3) Perangkat pembelajaran; (Bukti Fisik) KI-KD, Kaldik, Prota, RPE, Promes, RPP 
(4) Penilaian; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)
(5) Peraturan Akademik; (Bukti Fisik)

D. Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah
(1) Data prestasi madrasah 1 tahun terahir; (Bukti Fisik)
(2) Data hasil UN 1 tahun terahir; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen Akreditasi; (Bukti Fisik)
(4) Program Ekstrakurikuler'; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)

 3. Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan.

A. Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
(1) SK komite madasah; (Bukti Fisik)
(2) AD/ART komite madrasah;  (Bukti Fisik)
(3) Program kerja komite madrasah; (Bukti Fisik)
(4) Laporan kegiatan komite madrasah; (Bukti Fisik)
(5) Dokumen tertulis kerja sama (MoU); (Bukti Fisik)

B. Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
(1) Program kegiatan kerja sama; (Bukti Fisik)
(2) Foto kegiatan; (Bukti Fisik)
(3) Jadwal Kegiatan; (Bukti Fisik)
(4) SK Penanggung Jawab program. (Bukti Fisik)

C. Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
(1) Laporan kegiatan kerja sama;  (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)

4. Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional

A. Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi 
(1) KTSP; (Bukti Fisik) 
(2) Kalender pendidikan; (Bukti Fisik) 
(3) Perangkat pembelajaran; (Bukti Fisik) 
(4) Penilaian; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)
(5) Peraturan Akademik; (Bukti Fisik)
(6) Buku Kerja Guru; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)

B. Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses 
(1) Dokumen pengembangan silabus; (Bukti Fisik)
(2) RPP; (Bukti Fisik) Kelas7, Kelas 8, Kelas 9
(3) RPE; (Bukti Fisik)
(4) Buku teks; (Bukti Fisik)
(5) Jurnal mengajar guru; (Bukti Fisik)
(6) Data siswa. (Bukti Fisik)

C. Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian 
(1) Instrumen penilaian; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)
(2) Kisi-kisi soal; (Bukti Fisik)
(3) Kumpulan nakah soal; (Bukti Fisik)
(4) Analisis butir soal; (Bukti Fisik)
(5) Dokumen analisis hasil belajar siswa; (Bukti Fisik)
(6) Laporan hasil belajar siswa; (Bukti Fisik).
(7) Tindak lanjut hasil penilaian; (Bukti Fisik)
(8) Dokumen pelaksanaan PAS; (Bukti Fisik)
(9) Dokumen pelaksanaan PAT; (Bukti Fisik)

D. Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan 
(1) Dokumen program kegiatan kesiswaan; (Bukti Fisik).
(2) Laporan kegiatan kesiswaan; (Bukti Fisik).
(3) Dokumentasi kegiatan kesiswaan; (Bukti Fisik).
(4) Laporan kegiatan pembiasaan siswa; (Bukti Fisik)
(5) Dokumen kegiatan literasi; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik2)
(6) Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir; (Bukti Fisik) 
(7) Data prestasi akademik 2 tahun terahir; (Bukti Fisik) 
(8) Data prestasi non akademik 2 tahun terahir; (Bukti Fisik)

5. Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.

A. Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peerta didik
(1) Luas memenuhi sesuai standar; 
(2) Sarana pendukung lab; (Bukti Fisik)
(3) Jurnal laboratorium; (Bukti Fisik)
(4) Program Pengembangan Sarpras, (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)

B. Mamapu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik
(1) Luas memenuhi sesuai standar; 9,5 x 7 = 66,5 m2 (Bukti Fisik)
(2) Sarana pendukung; (Bukti Fisik)
(3) Daftar buku induk perpustakaan; (Bukti Fisik)
(4) Laporan/statistic pengelolaan perpustakaan; (Bukti Fisik)

C. Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah
(1) Data/laporan kegiatan usaha madrasah; (Bukti Fisik)

D. Mampu mengella koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik
(1) Instrumen hasil praktek pembelajaran; (Bukti Fisik)
(2) Foto kegiatan praktik; (Bukti Fisik)

6. Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

A. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah
(1) Fasilitas teknologi dan informasi; (Bukti Fisik)
(2) Sumber daya informasi, (Bukti Fisik)

B. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaran
(1) Ketersediaan komputer; (Bukti Fisik)
(2) Jaringan internet;  (Bukti Fisik)
(3) Website madrasah; (Bukti Fisik) 
(4) Alamat email madrasah; (Bukti Fisik)
(5) Pemanfaatn TIK untuk pembelajaran;  (Bukti Fisik) 

C. Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain
(1) Pengelolaan SIM; (Bukti Fisik)PPDB
(2) Fasilitas SIM; (Bukti Fisik)
(3) Surat tugas pengelola SIM; (Bukti Fisik)
(4) Pelaporan data dan informasi; (Bukti Fisik) PPDB

D. Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai
(1) Pengelolaan SIM; (Bukti Fisik)
(2) Fasilitas SIM; (Bukti Fisik)
(3) Surat tugas pengelola SIM; (Bukti Fisik)
(4) Pelaporan data dan informasi; (Bukti Fisik) PPDBFormulir PPDB

7. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah
A. Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
(1) Jumlah komputer dan LCD yang cukup;  (Bukti Fisik)
(2) Memiliki jaringan internet;  (Bukti Fisik)
(3) Memiliki web sekolah; (Bukti Fisik)
(4) Memiliki e-mail madrasah; (Bukti Fisik)
(5) Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah; (Bukti Fisik) 
B. Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
(1) Jumlah kompute dan LCD yang cukup;  (Bukti Fisik)
(2) Memiliki jaringan internet;  (Bukti Fisik)
(3) Memanfaatkan TIK untuk pembelajaran; (Bukti Fisik)

C. Mampu  mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.  
(1) Katalog digital; (Bukti Fisik)
(2) BSE; (Bukti Fisik)
(3) Akses internet;  (Bukti Fisik)
(4) Komputer;  (Bukti Fisik)
(5) Dokumen aplikasi layanan perpustakaan; (Bukti Fisik)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1.  Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru   A. Mengidenti...