Pengembangan Kewirausahaan

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah 

A. Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah 
(1) Studi dokumen : program pengembangan kewirausahaan; (Bukti Fisik)

B. Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah 
(1) Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas; (Bukti Fisik)
(2) Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas; (Bukti Fisik)
(3) Pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas; (Bukti Fisik)

C. Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi 
(1) Data Jenis usaha produktif yang dimiki; (Bukti Fisik)
(2) Program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha;  (Bukti Fisik)

D. Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru.
(1) Data Jenis usaha produktif yang dimiliki; (Bukti Fisik)
(2) Program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha; (Bukti Fisik)

2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif

A. Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak 
(1) RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif; Kelas7, Kelas 8, Kelas 9
(2) Hasil kerja dan karya siswa; (Bukti Fisik) IPA, Seni Budaya
(3) Foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa; (Bukti Fisik)

B. Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah 
(1) Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ; (Bukti Fisik)
(2) Dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen hasil kegiatan sekolah; (Bukti Fisik)
(4) Dokumen hasil kegiatan;  (Bukti Fisik)
(5) Pengembangan madrasah; (Bukti Fisik)

C. Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasah 
(1) Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)
(2) Dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (Bukti Fisik)
(3) Dokumen hasil kegiatan sekolah; PramukaMarchingbandPencak SilatRebanaOlah Raga. Siswa Berprestasi.
(4) Dokumen hasil kegiatan; (Bukti Fisik)
(5) Pengembangan madrasah; (Bukti Fisik) (Bukti Fisik)

D. Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Rencana Pengembangan Madrasah; (Bukti Fisik)

3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah

A. Bersedia belajar dari orang lain 
(1) Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan  orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; (Bukti Fisik)
(2) Foto foto kegiatan; (Bukti Fisik)

B. Ingin selalu melakukan yang terbaik
(1) Dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan; (Bukti Fisik)(Bukti Fisik).
(2) Keikut sertaan dalam lomba lomba pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen; (Bukti Fisik)
(3) Prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan dan kepala madrasah (Bukti Fisik)

C. Menciptakan perubahan yang kuat.
(1) Program inovasi madrasah atau Rencana Pengenbanagan Madrasah (RPM); (Bukti Fisik), (Bukti Fisik)
(2) Laporan target yang sudah dicapai; (Bukti Fisik)

4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah

A. Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan 
(1) MoU dengan pihak lain;  (Bukti Fisik)
(2) Sister school; (Bukti Fisik)
(3) Kemitraan dengan sekolah lain; (Bukti Fisik)

B. Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah  
(1) Dokumen kegiatan dan foto; (Bukti Fisik)

C. Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain 
(1) Melalui studi dokumen kegiatan dan foto; (Bukti Fisik)

5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik

A. Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan potensi madrasah 
(1) Melalui studi dokumen: laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan; (Bukti Fisik)

B. Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang  profesional dan akuntabel 
(1) Melalui studi dokumen : laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan; (Bukti Fisik)

C. Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan
(1) Laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi; (Bukti Fisik)
(2) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; (Bukti Fisik)
(3) Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan; (Bukti Fisik)

D. Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya 
(1) Laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi; (Bukti Fisik)
(2) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; (Bukti Fisik)
(3) Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan, (Bukti Fisik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1.  Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru   A. Mengidenti...